Bapak Pendidik Kebanggaan Indonesia Meninggal Dunia

Bapak Pendidik Kebanggaan Indonesia Meninggal Dunia

Sudah berpulang ke rumah Ayah di surga, Ayah Profesor. H. A. R. Tilaar pada Rabu pagi, 30 Oktober 2019 jam 10. 48 Wib dalam umur 87 tahun. Alex Tilaar disemayamkan di Rumah Duka Sentosa, RSPAD Gatot Subroto, Ruang VIP Gram. Memang benar kini Bapak pendidik kebanggaan Indonesia meninggal dunia.

Ya, Profesor. Dokter. Henry Alexis Rudolf Tilaar, Meter. Sc. Ed. itu sudah kembali ke pangkuan si Ilahi. Saat ini, tinggal nama saja tetapi karya Alex Tilaar hendak senantiasa dikenang selamanya.

Bicara menimpa karya H. A. R. Tilaar, hingga kita hendak dibawa ke dunia pembelajaran. Ya, wujud yang satu ini berikan akibat yang lumayan berarti di dunia pembelajaran.

Catatan terakhir menarangkan, H. A. R. Tilaar yang ialah suami dari Martha Tilaar ini yakni guru besar Emeritus pada Program Pascasarjana serta Direktur Utama Lembaga Manajemen Universitas Negara Jakarta( UNJ).

Sebagian sumber menuturkan, semangat mengajar serta belajar Alex Tilaar itu telah dipupuk semenjak kecil sebab ia merupakan anak dari generasi ataupun keluarga guru. Makanya, di umur senjanya juga ia senantiasa berikan kedudukan dalam dunia pembelajaran nasional.

Wujud yang lahir di sesuatu desa yang relatif terpencil di tepi Danau Todano, Sulawesi Utara pada 16 Juni 1932 itu mengawali karier pendidiknya semenjak 1952. Ya, di umurnya yang masih muda, Alex Tilaar sapaan akrabnya telah menggeluti dunia pembelajaran.

Kecintaanya pada dunia pembelajaran buatnya mau mengabdi di bidang tersebut. Tercatat, nyaris 45 tahun hidup Alex Tilaar buat pembelajaran sampai pada 1997 Tilaar jadi guru besar di UNJ. Jadi Bapak pendidik kebanggaan Indonesia meninggal dunia hari ini.

Alex Tilaar pula ditunjuk bagaikan Guru Besar di Universitas Indonesia serta Universitas Kristen Indonesia Jakarta. Sepanjang bergelut di bidang ini, Alex Tilaar diketahui aktif dengan bergabung di sebagian organisasi profesi, di antara lain Jalinan Sarjana Pembelajaran Indonesia( ISIP) bagaikan anggota dewan penasihat serta jadi Anggota Jalinan Sarjana serta Pengembangan Sosial Indonesia( ISPPSI).

Tidak hanya itu, Alex Tilaar pula tercatat bagaikan anggota Himpunan Indonesia buat Pengembangan Ilmu- Ilmu Sosial( HIPIIS) serta anggota Asosiasi Dosen Indonesia( ADI).

Pencapaian Alex Tilaar yang lumayan terkenal di umur senjanya yakni penghargaan yang diberikan untuknya dari salah satu universitas daftar joker123 terkemuka di Amerika Serikat. Ya, pada 11 September 2009, Alex Tilaar memperoleh penghargaan Distinguished Alumni Award dari Indiana University School of Education.

Penghargaan Distinguished Alumni Award itu ialah penghargaan paling tinggi yang diberikan tiap tahunnya oleh Indiana University School of Education. Di tahun yang sama, penghargaan itu diberikan ke 3 alumbus yang sudah membagikan donasi besar untuk pengembangan dunia pembelajaran di negaranya tiap- tiap.

Tercatat pula di situ kalau H. A. R. Tilaar merupakan orang awal dari Indonesia yang menerima penghargaan tersebut. Pasti ini jadi kebanggaan buat bangsa Indonesia serta tidak hendak sempat dibiarkan.

Sedikit cerita cinta menimpa 2 sepasang ini. Bagi sebagian sumber, Alex serta Martha berjumpa di kampus. Jadi, Martha dikenal ialah murid dari Alex serta ia kepincut hendak kecerdasan laki- laki berdarah Manado tersebut.

Pendek cerita, Alex serta Martha Tilaar menikah pada 1963. Mereka setelah itu dikaruniai 4 orang anak ialah Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar, Wulan Tilaar, serta Kilala Tilaar.

Keduanya jadi wujud inspiratif buat bangsa ini serta pasti dengan berita meninggalnya Alex, ini jadi duka mendalam tidak cuma untuk keluarga Tilaar, namun buat bangsa Indonesia. Selamat jalur, wujud inspiratif bangsa. Jasamu hendak senantiasa dikenang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *